tag:blogger.com,1999:blog-32684680997248781282023-11-15T06:16:12.951-08:00PERKEMBANGAN PESERTA DIDIKnindyhttp://www.blogger.com/profile/09331985219488401448noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-3268468099724878128.post-81584520062599399422011-06-15T00:37:00.001-07:002011-06-15T00:37:32.501-07:00Penertian Pengembangan Peserta DidikPERKEMBANGAN PESERTA DIDIK<br />
<br />
resume oleh: Noor fitrihana<br />
<br />
<br />
<br />
A. PENGERTIAN<br />
<br />
Psikologi perkembangan merupakan cabang psikologi yang mempelajari perubahan tingkah laku dan kemampuan sepanjang proses perkembangan individu dari mulai masa konsepsi sampai mati.<br />
<br />
<br />
B. TEORI PERKEMBANGAN<br />
<br />
4 pendekatan perkembangan meliputi : Kognitif, Belajar lingkungan, Etologi dan Imam Al Ghazali.<br />
<br />
<br />
1. Pendekatan kognitif <br />
<br />
a. Model dari Piaget<br />
<br />
1. Sensomotoris 1-2 tahun pengetahuan dengan interaksi fisik<br />
<br />
2. Praoperasional 2 – 6 tahun menggunakan symbol-simbol<br />
<br />
3. Operasi konkret 6-11 tahun memecahkan masalah secara logis<br />
<br />
4. Operasi formal 11tahun operasi mental tingkat tinggi<br />
<br />
b. Model pemrosesan informasi<br />
<br />
Input (lingkungan dan rangsangan)———-Proses (mengolah dan menyusun informasi) ————-output (tingkah laku)<br />
<br />
<br />
c. Model Kognisi sosial —-kebudayaan menentukan perkembangan<br />
<br />
<br />
2. Pendekatan belajar atau lingkungan<br />
<br />
Perubahan tingkah lagu karena proses pengkondisian dan pembelajaran,<br />
<br />
Skinner membagi dua<br />
Respondent Behavior : adanya tingkah laku karena reflek akibat adanya rangsangan dapat berupa respon fisik dan respon emosional.<br />
Operand Behavior : tingka laku sukarela krena dampak atau konsekuensi. Yang baik menyenangkan akan cenderung diulang dn yan tidak menyenangkan ditinggal.<br />
<br />
<br />
3. Pendekatan etologi<br />
<br />
Tingkah laku muncul karena bawaan (genetis)<br />
<br />
4. Pendekatan Imam Al Gazhali<br />
<br />
<br />
C. CIRI- CIRI PERKEMBANGAN<br />
<br />
- Menghalami perubahan fisik dan psikis<br />
<br />
- Perubahan proporsi fisik dan psikis<br />
<br />
- Hilangnya tanda-tanda lama fisik dan psikis<br />
<br />
- Timbulnya tanda tanda baru aspek fisik dan psikis<br />
<br />
<br />
D. PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN<br />
<br />
- Perkembangan proses yang tidak pernah berhenti<br />
<br />
- Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi<br />
<br />
- Perkembangan mengikuti pola dan arah tertentu<br />
<br />
- Perkembangan terjadi dalam tempo berlainan<br />
<br />
- Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas<br />
<br />
- Setiap individu yang normal mengalami fase perkembangan<br />
<br />
<br />
Arah perkembangan menurut Yelon dan Weinstein<br />
Cephalocaudal 7 proximal distal: Dari kepala ke kaki (Cepphlocaudal)<br />
<br />
Dari tengan ke pinggir (proximal distal)<br />
Struktur mendahului fungsi<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
E. FASE PERKEMBANGAN<br />
<br />
Fase perkembangan menurut Freud :<br />
<br />
1. Fase oral : 0 – 1 tahun terfokus pada fungsi mulut)<br />
<br />
2. Fase anal : 1 -3 tahun terfokus fungsi eliminatif (pembuangan kotoran)<br />
<br />
3. Fase Phalis : 3 – 5 tahun<br />
<br />
4. Fase latent : 5 – 12/13 tahun<br />
<br />
5. Fase pubertas : 12.13 tahun – 20 tahn<br />
<br />
6. Fase genetal : kematangan <br />
<br />
a. Analisis Biologis<br />
<br />
1) Aristoteles<br />
<br />
Tahap I : 0 – 7 tahun masa anak kecil/bermain<br />
<br />
Tahap II : 7 – 14 tahun masa anak/masa sekolah rendah<br />
<br />
Tahap III : 14-21 tahun remaja/pubertas (peralihan anak menjadi dewasa)<br />
<br />
<br />
2) Krestmer<br />
<br />
Tahap I : 0 – 3 tahun masa fulung (pengisian) tampak pendek & gemuk<br />
<br />
Tahap II : 3- 7 tahun masa Streckung (rentangan) tampak langsing & panjang<br />
<br />
Tahap III : 7-13 tahun Fulung II tampak pendek dan gemuk<br />
<br />
Tahap IV : 13-20 tahun Streckung tampak langsing<br />
<br />
3) Elizabeth Hurlock<br />
<br />
Tahap I : konsepsi/Prenatal, 280 hari dalam kandungan<br />
<br />
Tahap II : 10 – 14 hari masa orok/infancy<br />
<br />
Tahap III : 2 minggu – 2tahun Babyhood <br />
<br />
Tahap IV : 2 – 11 Childhood<br />
<br />
Tahap V : 11-21tahun masa Adolesence/ puberty, 11-13 pre adolescence,16-17 tahun early adolescence, late adolescence<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
b. Bedasar didaktis<br />
<br />
1) Commenius<br />
<br />
Tahap I : 0 – 6 tahun scola materna (sekolah ibu)<br />
<br />
Tahap II : 6-12 tahun scola vernaculan (sekolah bahasa ibu) <br />
<br />
Tahap III : 12-18 tahun scola latina (sekolah latin)<br />
<br />
Tahap IV : 18-24 akademika <br />
<br />
<br />
2) Rosssesau<br />
<br />
Tahap I : 0 – 2 tahun usia asuhan<br />
<br />
Tahap II : 2-12 tahun masa pendidikan jasamni dan panca indera<br />
<br />
Tahap III : 12-15 tahun pendidikan akal<br />
<br />
Tahap IV : 15-20 tahun pendidikan watak dan agama<br />
<br />
<br />
c. Berdasar psikologis<br />
<br />
1. Masa kegoncangan 1 : 4 tahun<br />
<br />
2. Masa Kegoncangan 2 : 17 tahun<br />
<br />
Dari 2 masa tersebut dijabarkan<br />
<br />
- masa kanak-kanak 0-4<br />
<br />
- masa keserasion sekolah 4 – 17<br />
<br />
- masa kematangan >17.<br />
<br />
<br />
Fase perkembangan kaitannya dengan proses belajar mengajar<br />
<br />
- Masa pra sekolah : 0 – 6 tahun (masa vital(Freud :masa oral)& masa estetik<br />
<br />
- Masa sekolah dasar : 6 – 12 tahun (masa kelas rendah dan kelas tinggi)<br />
<br />
- Masa sekolah menengah : 12 – 18 tahun( pra remaja dan remaja)<br />
<br />
- Masa Mahasiswa : 18 – 25 tahun (remaja akhir-dewasa)<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
F. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPEGARUHI PERKEMBANGAN<br />
<br />
1. Keturunan<br />
<br />
2. Lingkungan ( fungsi Keluarga, hubungan orang tua, social ekonomi , sekolah/pendidikan, dan teman sebaya)<br />
<br />
<br />
G. TUGAS-TUGAS PERKEMBAGAN<br />
<br />
1. Tugas perkembangan pada usia bayi dan kanak-kanak 0- 6 tahun<br />
<br />
Belajar : berjalan, berbicara, makan, mengenal perbedaan pria wanita, kestabilan jasmani ,memebentuk konsep, hubungan emosional dengan orang tua, mengadakan hubungan baik dan buruk<br />
<br />
2. Tugas perkembangan pada masa sekolah 6 – 12 tahun<br />
<br />
Belajar: ketrampilan fisik, sikap sehat, bergaul, eksistensi diri, membaca, menulis,berhitung, mengembangkan konsep sehari-hari, mengembangkan kata hati, memperoleh kebebasan pribadi, mengembangkan sikap positif terhadp kelompok sosisal<br />
<br />
3. Tugas perkembangan masa remaja<br />
<br />
Menurut Wiliam Kay<br />
<br />
- Menerima fisiknya sendiri berikut keragaman kualitasnya<br />
<br />
- Mencapai kemandirian emosional<br />
<br />
- Belajar bergaul secara individula dan kelompok (komunikasi minterpersonal)<br />
<br />
- Menemukan idola<br />
<br />
- Menerima keadaan dirinya dan percaya diri<br />
<br />
- Memperkuat pengendalian diri<br />
<br />
- Mampu meninggalkan sifat kekanak-kanakan<br />
<br />
Menurut Luella Cole <br />
<br />
- Kematangan emosional<br />
<br />
- Pemantapan minat heteroseksual<br />
<br />
- Kematangan sosial<br />
<br />
- Rmansipasi dari kontrol keluarga<br />
<br />
- Memilih pekerjaan/karir<br />
<br />
- Menggunakan waktu senggang secara tepat<br />
<br />
- Memiliki filsafat hidup<br />
<br />
- Identifikasi diri<br />
<br />
menurut Havigrus<br />
<br />
- Mencapai hubungan lebih matang dengan teman sebaya<br />
<br />
- Mencapai peran sosial wanita atau pria<br />
<br />
- Menerima keadaan fisik dan menggunkan secara efektif<br />
<br />
- Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya<br />
<br />
- Mencapai jaminan kemandirian ekonomi<br />
<br />
- Memilih dan mempersiapkan karir<br />
<br />
- Mempersipakan pernikahan dan hidup keluarga<br />
<br />
- Mengembangkan ketrampilan intelektual<br />
<br />
- Mencapai tingkah laku yang bertangung jawab secara sosial<br />
<br />
- Memperoleh seperangkat nilai dan norma dalam bertingkah laku<br />
<br />
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME<br />
<br />
<br />
H. PERAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN TUGAS PERKEMBANGAN<br />
Pencapaian tugas perkembangan melalui kelompok teman sebaya<br />
Mencapai perkembangan kemandirian pribadi<br />
Pengembangan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME<br />
<br />
<br />
I. ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN<br />
Perkembangan Fisik (Syaraf, Otot, Kelenjar Endokrin, Struktur fisik )<br />
Perkembangan Intelegensi <br />
Perkembangan Emosi<br />
Perkembangan Bahasa<br />
Perkembangan Sosial<br />
Perkembangan Kepribadian<br />
Perkembangan Moral<br />
Perkembangan Kesadaran beragama<br />
<br />
<br />
J. TIPOLOGI KEPRIBADIAN<br />
<br />
a. Tipologi physis<br />
<br />
1. Hipocrates – Galenus<br />
<br />
- Sangui (darah) ”Sanguinis” :ekspansif, lincah, riang, tidak mudah putus asa, murah senyum dll . Filosofi api : panas<br />
<br />
- Flegma(lympha) ”Flegmatis” : plastis, tenang, dingin, sabar, tidak mudah terpengaruh dll. Filosofi udara : dingin<br />
<br />
- Choleri (empedu kuning)” Choleris” : garang, lekas marah, mudah tersinggung, pendendam, serius dll. Filosofi tanah :kering <br />
<br />
- Melanchole (empedu hitam) “melancholis”: Kaku, muram penakut, pesimis dll. Filosofi air : basah.<br />
<br />
2. Menurut Sigaud<br />
<br />
- Motorik “muskuler” : badanya serba panjang,berspir dan bersudut<br />
<br />
- Pernafasan”respiratoris”: wajah lebar dan dada membusung<br />
<br />
- Pencernaan “digestif”: perut besar dan pinggangnya lebar<br />
<br />
- Susunan syaraf sentral “ sebral” : langsing, tulang tengkoraknya atas lebar<br />
<br />
<br />
3. Menurut Kretschmer<br />
<br />
jasmani <br />
<br />
- Piknis : badan serba bulat, pendek, gendut, bundar, berlemak, dada berisi<br />
<br />
- Asthenis : badan langsing, serba panjang, dada rata, kepala kecil, wajah sempit<br />
<br />
- Atletis : campuran piknis dan asthenis<br />
<br />
- Desplastis : bentuk badan tinggi dan besar atau kecil dan pendek<br />
<br />
Psikis<br />
<br />
- Schizothim (sukar bergaul, egoistis, tidak banyak kawan)<br />
<br />
- Cylothim (mudah bergaul, banyak teman)<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
4. Menurut Wiliam Sheldon<br />
<br />
struktur fisik<br />
<br />
- komponen jasmani primer<br />
<br />
Endomorphhy : gemuk, lembut berat badan rendah<br />
<br />
Mesomorphy : kokoh kuat ototnya bersegi segi dan tahan saki <br />
<br />
Ectomorphy : jangkung, dada pipih, ototnya tida kelihatan<br />
<br />
- komponen jasamani sekunder<br />
<br />
Dysplasia : ketidak selarasan bentuk tubuh<br />
<br />
Gynandromorphy : tubuh lembut, pinggul besar dan sifat kewanitaan<br />
<br />
Texture : tampan<br />
<br />
<br />
Analisa kepribadian<br />
<br />
Viscertonia : rileks, suka hiburan, gemar makan-makan,membutuhkan orang lain, tidurnya nyenyak (ekstrovet)<br />
<br />
Somatotonia : gagah, perkasa, terus terang,kebutuhan geraknya besar<br />
<br />
Cerebrotonia : ragu-ragu, kurang gagah, reaksinya cepat, tidak berani bicara di depan umum, suka mengasingkan diri (introvet)<br />
<br />
b. Tipologi Psikhis<br />
<br />
1. Heymans<br />
<br />
- Emosional : cepat memihak, fantasinya kuat, mudah marah, senang sensasi<br />
<br />
- Aktivitas : suka bekerja, mudah bertindak, banyak hobi, tidak mudah putus asa,<br />
<br />
- Fungsi sekunder : betah dirumah, taat adat, setia, konsekwen, besar berterima kasih<br />
<br />
2, Ewald<br />
<br />
- Penerimaan rangsang<br />
<br />
- Penyimpan kesan<br />
<br />
- Pengolahan rangsang<br />
<br />
- Reaksi balik dari rangsang<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
3. Tipologi George Kerchenteiner<br />
<br />
- Kekuatan kemauan<br />
<br />
- Katajaman pendapat<br />
<br />
- Kepekaan yang halus dalam perasaan<br />
<br />
- Aufwulbarkait (lama mendalami getaran jiwa)<br />
<br />
<br />
4. Tipologi Plato<br />
<br />
- Fikiran kedudukan di kepala sumber kebijaksanaan<br />
<br />
- Kemauan kedudukan di dada sumber keberanian<br />
<br />
- Perasaan, kedudukan dalam tubuh bagian bawah sumber menahan hawa nafsu<br />
<br />
<br />
5. Tipologi Querrat<br />
<br />
- Cognisi (mengenal) ”ahli fikir”<br />
<br />
- Emosi (merasa) ”ahli rasa”<br />
<br />
- Conasi (menghendaki) ” ahli bertindak”<br />
<br />
<br />
c. Tipologi Budaya<br />
<br />
1. Riesman<br />
<br />
- Kepribadian ditentukan Tradisi<br />
<br />
- kepribadian dipimpin Rohaninya<br />
<br />
- kepribadian ditentukan atas norma yang dikemukakan orang lain<br />
<br />
2. E. Spranger<br />
<br />
- Ekonomi : suka bekerja, agak kikir, mencari dan bangga dengan harta<br />
<br />
- Politik: ingin berkuasa, menguasai orang lain, tidak mencintai kebenaran<br />
<br />
- Sosial : senang berkorban, pandai bergaul<br />
<br />
- Ilmu Pengetahuan : senang membaca, serba ingin tahu, gemar berfikir<br />
<br />
- Kesenian : gemar mencipta , senang keindahan, hidup bersahaja<br />
<br />
- Agama : senang memuja, hidupnya untuk Tuhan dan akhirat<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
3. W dan E Yaensash<br />
<br />
Dasar penggolongan<br />
<br />
- Geologis<br />
<br />
- Tubuh<br />
<br />
sehingga dibedakan 2 tipe kepribadian : <br />
<br />
- Tetanoide : muka pucat, selalu sedih, matanya kecil, pendiam, segala sesuatu dipandang berat<br />
<br />
- Basedowide : wajah mudah berubah, mukanya lebar, mudah bergaul, matanya hidup, banyak berpendapatnindyhttp://www.blogger.com/profile/09331985219488401448noreply@blogger.com0